Jangan Sepelekan Penyebab dan Gejala Kanker Serviks ini

Jangan Sepelekan Penyebab dan Gejala Kanker Serviks ini – Kanker serviks pada tahap awal biasanya tidak menunjukkan gejala-gejalanya, namun yang paling umum adalah terjadinya pendarahan pada vagina setelah berhubungan intim yang di luar dari masa menstruasi dan menopause. Walaupun terjadi pendarahan namun belum berarti menderita kanker serviks.

Ada beberapa gejala-gejala kanker serviks yang terjadi pada tahapan akhir perkembangan sel kanker pada organ genital. Gejala tersebut meliputi :

1.Keluarnya cairan yang tidak normal dari organ vagina

Pada setiap tubuh biasanya menghasilkan cairan yng berfungsi untuk melumasi bagian dalam vagina, namun bila ditemukan darah pada cairan tersebut atau keputihan yang berlebih sebaiknya segera melakukan pemeriksaan.

2.Terjadi pendarahan

Pendarahan yang terjadi setelah berhubungan intim, saat buang air besar atau menstruasi yang berkepanjangan atau tidak normal atau juga pendarahan yang terjadi setelah masa menopause maka segera berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebabnya.

3.Nyeri punggung

Merasakan nyeri pada punggung dapat menjadi tanda bahwa jaringan kanker telah meluas ke bagian luar leher rahim

4.Pembengkakan pada kaki

Penderita kanker serviks yang telah memasuki stadium lanjut akan menimbulkan bengkak pada kaki.

5.Kelelahan dan pusing

Penderita sering merasa pusing dan kelelahan bahkan sampai kehilangan kesadaran terjadi pada stadium lanjut.

6.Nyeri perut

Penderita kanker serviks pada tahap lanjut selain merasakan nyeri punggung juga akan merasakan sakit dan nyeri pada bagian perut. Ini karena sistem kekebalan tubuh menghasilkan zat prostaglandin pada saat menangkal infeksi dan zat ini akan menimbulkan rasa sakit pada perut.

7.Menurunnya berat badan

Pada stadium akhir penderita akan mengalami penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan serta tubuh merasa lemas atau disebut juga dengan mengalami cachexia. Ini terjadi karena metabolisme tubuh terganggu oleh jaringan kanker atau akibat dari efek melakukan kemoterapi.

Berikut ini beberapa cara pencegahan timbulnya kanker serviks, yaitu :

1.Lakukan pap smear

Suatu metode untuk memeriksa kesehatan sel yang terdapat pada jaringan organ leher rahim. Dengan cara mengambil sel dari leher rahim dan kemudian diperiksa secara mikroskopis. Tujuannya untuk mengetahui bila ada kelainan pada sel leher rahim yang akan berpotensi menjadi sel kanker.

2.Berat badan yang stabil

Menjaga berat badan yang stabil merupakan salah satu kunci untuk tubuh yang sehat. Dengan berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi buah serta sayur dapat mencegah timbulnya penyakit kanker serviks.

3.Melakukan hubungan intim dengan cara yang aman

Hindari melakukan hubungan intim dengan cara anal sex atau melakukan hubungan intim dengan lebih dari satu pasangan karena virus HPV merupakan penyebab kanker yang ditularkan melalui hubungan intim

4.Tidak hamil sebelum usia yang tepat

Tidak dianjurkan untuk kehamilan di bawah usia 25 tahun karena dengan hamil di bawah umur maka akan meningkatkan resiko terkena kanker serviks.

5.Menghindari rokok

Baik asap rokok maupun merokok aktif dapat meningkatkan resiko terkena kanker karena di dalam asap rokok terkandung zat kimia yang berbahaya.

Selain melakukan pencegahan-pencegahan di atas sebaiknya anda juga melakukan terapi dengan menggunakan air hidrogen murni yang dapat dihasilkan dari suatu alat yang berteknologi mutahir yaitu D-ox water. Dengan mengkonsumsi  air hidrogen ini maka kesehatan dan kebugaran tubuh akan selalu terjaga. Karena di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat menangkal efek buruk dari radikal bebas dan juga dapat memperbaiki sel serta perubahan anatomi tubuh akibat dari perusakan inti sel/ DNA. Kunjungi : www.d-oxwater.com dan untuk berkonsultasi serta pemesanan dapat menghubungi no wa : +62 811 942 527.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s